Selasa, 15 November 2016

Asal Mula Mesin Espresso

espresso_machine_coffee__chefBangsa Italia adalah bangsa pertama yang membuat mesin kopi terpenting di dunia, espresso. Angelo Moriondo, pria asal Turin yang datang dari keluarga pengusaha mengembangkan bisnis keluarganya dan membeli Grand-Hotel Ligure di Piazza Carlo Felice dan American Bar di Galleria Nazionale.

Bisnis hotel dan makanan inilah yang menjadi pemicu lalu kemudian menjadi awal dirancangnya mesin yang dapat membuat kopi dengan cepat untuk memuaskan para konsumen yang sedang terburu-buru.

Mesin espresso pertama kali dipamerkan pada sebuah pameran di Turin pada tahun 1884. Angelo memamerkan penemuan mesin espressonya dan menerima medali perunggu dari pihak penyelenggara kala itu. Mekanik mesin espresso tersebut sebenarnya adalah Martina, dan Angelo “hanyalah” desainernya.

barista_machine_espresso_coffee__chefDi tahun 1901, seorang pengusaha dari Milan yang bernama Luigi Bezzerra mengembangkan mesin espresso Angelo. Luigi inilah yang kemudian dikenal sebagi “Bapak Espresso” karena beliau dianggap sebagai bapak revolusi espresso.

Di tahun 1905, ada seseorang yang bernama Desiderio Pavoni yang membeli hak paten mesin espresso dan berhasil memperkenalkan mesin espresso di pasaran Italia.

espresso_machine_single_group_coffee__chefEspresso adalah minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi.Espresso berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau “cepat” karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan.Di dalam espresso terdapat lebih dari enam ratus komponen zat kimia termasuk diantaranya gula, kafein, protein, emulsi dari minyak kopi, koloid, dan partikel kopi dalam suspensi dengan gelembung gas kecil.Pada setiap espresso terdapat suatu komponen yang disebut crema yang merupakan busa keemasan yang terdiri dari minyak, protein, gula yang mengambang di permukaan. Secara teknis, espresso diperoleh ketika 45 ml air disemburkan melewati 7 hingga 9 gr kopi bubuk pada temperatur 90 °C dengan tekanan 9 atmosfer.

Kualitas biji kopi yang prima tidak akan terungkap bila barista tidak mampu mengenali karakter biji kopi yang digunakan. Pun begitu dengan proses di mesin kopinya, jika tidak bersinergi dengan biji kopi dan barista, maka untuk menghasilkan secangkir espresso berkualitas tinggal sebuah impian.

Begitu pentingnya peran mesin kopi, sehingga membuat beberapa coffee shop berlomba-lomba hadirkan mesin kopi dengan biji kopi yang berkualitas demi kepuasan konsumen.

 

Slide

Outlet

Jl. Bromo No. 16C Malang
E. coffeeandchef@yahoo.com

Franchise:
E. coffeeandchef@gmail.com